Minggu, 12 Oktober 2014

IDS ( penduduk-masyarakat-kebudayaan)

Ini postingan gue yang kedua untuk hari ini atas tugas yang sama. Happy reading J
ILMU SOSIAL DASAR ( PENDUDUK, MASYARAKAT, DAN KEBUDAYAAN )
A.      Penduduk, Masyarakat, dan Kebudayaan
Dibawah ini merupakan pengertian dari penduduk, Masyarakat, dan kebudayaan :
1.       Penduduk adalah orang yang tinggal di suatu daerah atau orang yang secara hukum memiliki hak untuk tinggal didaerah tersebut dan menetap disuatu negara.
2.       Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk suatu system, dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individuyang berada dalam kelompok tersebut.
3.       Kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi system ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia.
Dalam Ilmu social, penduduk-masyarakat-dan kebudayaan  berkaitan erat.Masyarakat merupakan bagian dari penduduk dan masyarakat pastinya akan menghasilkan suatu kebudayaan yang memiliki ciri khas masing-masing.
A1. Pertumbuhan Penduduk
                Pertumbuhan penduduk merupakan salah satu aspek dari sekian banyak aspek yang menimbulkan masalah social ekonomi. Dibawah ini merupakan 4 unsur dominan masalah social yang ditimbulkan oleh pertambahan penduduk, yaitu :
1.       Semakin bertambahnya jumlah penduduk
2.       Pesatnya Industrialisasi
3.       Semakin banyaknya sumber daya alam yang tak tergantikan atau habis
4.       Semakin meningkatnya kerusakan alam dan lingkungan.
Dan usaha-usaha maupun solusi untuk mengatasi jumlah pertumbuhan penduduk yang begitu pesat, yaitu :
1.       Menyeimbangkan jumlah penduduk
2.       Meningkatkan produksi bahan pangan
3.       Mengurangi konsumsi SDA dan penghasil polusi
4.       Meningkatkan penyelenggaraan pendidikan dan pengadaan fasilitas kesehatan
5.       Meningkatkan penyuburan dan perlindungan tanah untuk mencegah terjadinya erosi.

A2. Kebudayaan dan Kepribadian
                Kebudayaan yang berasala dari bahasa sansekerta ( budhayah ) adalah bentuk jamak dari budi atau akal yaitu hasil budi atau akal manusia untuk mencapai kesempurnaann hidup. Kepribadian adalah keseluruhan cara seseorang atau individu bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain. Dan berdasarkan seorang psikolog, Gordon Allport,  ia menyatakan bahwa kepribadian sebagai suatu organisasiyang merupakan suatu struktur dan sekaligus proses . jadi dapat kita simpulkan, bahwa kepribadian seseorang dapat berubah.
                Kepribadian seseorang juga dapat membentuk suatu kebudayaan bilamana kepribadian tersebut merupakan kebiasaan sekelompok masyarakat bersama, sehingga kepribadian juga salah satu factor yang dapat membentuk suatu kebudayaan.

A3. Kebudayaan Barat
                Kebudayaan Barat atau yang biasa kita sebut dengan Budaya barat, mengacu pada budaya yang berasal dari Eropa. Dan istilah “Budaya Barat” saat ini digunakan sangat luas untuk merujuk pada warisan norma-norma social, nilai-nilai etika, adat istiadat, keyakinan agama, system politik, artefak budaya khusus, serta tekhnologi.
                SEjarah perkembangan Budaya Barat di Indonesia dimulai pada masa perdagangan bangsa Eropa dan penjajahan mereka di Indonesia. Kebudayaan mereka dengan mudah menyebar di Indonesia dan masyarakat pribumi dengan mudah menerimanya hingga kini sudah menjadi suatu kebiasaan.
                Kebudayaan barat ini pastinya akan memnimbulkan dampak positif dan negative. Salah satu dampak dampak positif nya yaitu masyarakat Indonesia dapat mengerti berbagai macam pengetahuan dan teknologi terbaru. Sedangkan menghilangnya segala sesuatu yang berasal dari Negara asal merupakan salah satu dampak negatifnya. Masyarakat Indonesia diharapkan dapat menyikapi dengan baik kebudayaan yang berasal dari barat agar nilai budaya kita yang tak ternilai harganya ini dapat terus diwariskan kepada generasi-generasi berikutnya.

Soal        :
1.    1.    Orang yang tinggal di suatu daerah atau orang yang secara hukum memiliki hak untuk tinggal didaerah tersebut dan menetap disuatu Negara, merupakan pengertian dari..
a.       Penduduk
b.      Masyarakat
c.       Kebudayaan
d.      Marga

2.       2. Sekelompok orang yang membentuk suatu system, dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individuyang berada dalam kelompok tersebut, merupakan pengertian dari ..
a.       Penduduk
b.      Masyarakat
c.       Kebudayaan
d.      Marga

3.     3,   Kebudayaan Barat atau Budhayah berasal dari bahasa..
a.       Inggris
b.      Eropa
c.       Yunani
d.      Sansekerta

4.  4.     Kebudayaan Barat atau Budaya Barat berasal dari..
a.       Indonesia
b.      Korea
c.       Thailand
d.      Eropa

5.    5.   Kepribadian sebagai suatu organisasi yang merupakan suatu struktur dan sekaligus terproses, merupakan pengertian kepribadian dari seorang psikolog yang bernama..
a.       Karl Max
b.      Soeharto
c.       Gordon Allport

d.      David Estes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar